Kecil ku begini lho...


oleh Nur Azani pada 27 Oktober 2011 jam 18:31


Ingat jaman kecil2 dulu, bisa senyum2 simpul sendiri. Pasalnya itu moment yg sgt indah untuk dikenang namun harus dipertimbangkan dulu klw mau diulang..Hehe... Aku karena beruntung saja ditunjuk menjadi seorang sulung utk lima adik2ku... Saat diumur 1th-an, si ulan lahir, nama aslinya syukron sih, tpi krna telohnya anak kecil, dia manggil dirinya ulan..hahaha.. Awalnya aku dipanggil zeni, seiring lahirnya ulan, nama ku sontak brubah jadi teta, ntah apalah artinya itu, orang2 kampung pun tak pernah dengar nama itu. Kata ayah n ibu, itu artinya kakak paling tua, *kyk mereka udh rencanain dari awal aja mau punya anak bnyak, pake pling tua segala. Padahal kami kn masih b2 adik kakak*...Hoaeemm..haha. Tapi teta itu ternyata lebih populer daripada zeni, semua keluargaku n org2 d kampung manggil teta, walaupun nenek2, kakek2, amai2, abak2, ibuk2, apak2, ante2 etc... Adikku yg ke2 lahir 2than setelah syukron aka ulan ‘nongol’ di dunia ini... Namanya furqany, tapi panggilan akrabnya ipur.. Nah,,ini lagi niih, seiring dg lahir si pur, si ulan brubah panggilan jdi abang... Karena kata ibu biar si pur nya sopan, punya pnggilan bwt kakak2nya... Haha,,kbiasaan ngubah pnggilan drumah nii kyknya.. Kasus si abang pun jdi sm kyk kasus ku. Smua org jdi manggil itu termasuk seantero kampung... _ini priode pertama J_

Ayah n ibu PNS, jdi sibuk kerja seharian, paling pulang udh sore. Jadi kami tggal sm nenek n abak. Ortu adalah org yg hebat menurutku *semua anak psti blg bgini, bgga memiliki ortu n mencintai mereka sgt lebih, walaupun kasih sayang mreka tak kan terbalas, mlah qt yg sring ngrepotin.

Aku termasuk anak yg nakal n susah dikendalikan waktu kecil. Kata ibu, dulu waktu aku lahir itu pas azan zuhur, pas matahari sdg tegap bgt tuh, mknya nakal. Waktu bayi, mlah suka tidur siang dari ujung matahari terbit smpe matahari tenggelam, yaa paling bangun hanya utk sekedar minum susu atau pipis/BAB, abis itu yaa tidur lagi. Nah kalau malam, justru aku melek bgt... ga bkal tdur semenjak senja datang smpe fajar menghampiri...haha*udh aneh dri kecil nih kyknya... Di umur 1than aku udh neguk 1 btol obat batukku, mgkin waktu itu dikira sirop kali yak...? ibu lgsg bw ke puskesmas, tkut klw2 OD.. kta dokter, ternyata gpp karena obat batuknya msih dosis rendah, bnyk mnum air putih jg udah dpt menetralisir lagi n bkal keluar bersama urine zat yg dpt merusak tubuh...Alhamd, syukurlaah.. Di sekolah aku jg suka berantem baik dg kalangan adam apalagi hawa. Dari kejadian tarik2an rambut, pukul2an, sahut2an kata, smpe aku mnggunakan kekerasan melalui silet... Hahaha.. Astaghfirullah.. Tapi aku udh minta maaf jg sm tmen ku itu. Waktu itu aku ganti rugi seragamnya 500 rupiah saja...*murah bgt yak?. Untung mereka ga ada tuntutan selain tuntutan ganti rugi itu, wlaupun mreka sbnrnya kenal baik kluarga ku jg sih...

Semenjak ada ulan n si pur, yaa aku lbih bnyak n sring maen sma2 mreka dibanding keluar rumah untuk maen sm2 temen, walaupun ada jg jdwal2 tertentu ktika kami b3 maen keluar rumah. Klw lagi baik2 nya, kami akn pulang tepat wktu drumah, untuk sholat, makan, tidur siang, buat peer atw apalah yg dsruh ayah n ibu. Tapi ktika kmi lg nakal2 nya, wah bisa gawat. Ayah psti akan jemput kmi ke arena maen, ditengah perjalanan pulang, ayah psti ngambil ranting bonsai atw ranting pohon lainnya bwt mukulin kaki kami.. Hahaha.. Kalau ibu yg jemput, biasanya ga bgtu, pling diceramahin sdikit, klw ibu lg mood, ga bkal ngelapor ke ayah, tapi klw lg ga mood, ibu bkal laporin ke ayah, yaa akhirnya tetep aja qt kena hukum. Biasanya hukuman ayah bervariasi, dari yang sakit sedikit, sakit bgt, smpe geli2. Dari hukuman yang lucu smpe hukuman yg serius. Misalnya, dipukul pake lidi/sapu/ranting pohon, ikat tangan n kaki pake tali, dimandiin pake baju, ga dikasih uang jajan bwt sekolah/prgi ngaji, ngerjain pekerjaan rumah tambahan, ga dibolehin masuk rumah pas malam smpe waktu hukuman abis, dan dikurung di kamar mandi, serta masih ada yg laen... Hahaha,,,semuanya seru lho... Tapi di setiap mw ngasih hukuman, ayah selalu ngucapin ikrar “Sengaja aku menghukum anakku karena Allah” dan qt dsruh mngulang lafaz itu “Sengaja aku menerima hukuman karena Allah”... Hahaha,,,ini hal terlucu dalam proses eksekusi kami.. :D. Biasanya setelah hukuman selesai dilaksanakan, si ipur adalah org paling tegar, ga prnah netesin air mata sedikitpun*dan ini smpe sekarang lo, aku Cuma prnah liat dia 1 x netesin air mata aka nangis, wktu selisih paham dg ayah kmaren2 ini, itu mah krna udh dewasa, jdi ada satu n lain hal lhaa*. Dan org paling cengeng adalah si abang, selalu nangis pasca hukuman, sakit atau ga, yg pnting nangis, karena saking sedihnya. Haha... Nah aku relatif, kadang nangis, kadang ga, tergantung tingkat kesakitan...
Ini juga berdasarkan tingkat kekuatan tubuh, perasa/lebih mentingin hati dan ketegaran. Aku berada ditengah, kdg sedih kdg ga, tergantung sikon aja. Karena jg sdikit tegar, aku jg sring dongkol dl hati, tpi itu hnya bertahan kurang dari 12 jam, setlah itu aku udh bisa nerima bahwa aku emg salah. Si ipur n si abang biasanya ga dongkol, trima2 aja...*biasaaaanya lhoo//hehehe...

Si abang memang agak pendiam dibanding aku n si pur. Dia jg agak suka cape, letih n sakit. Tapi si abang yg pertama menerobos ikut MTQ ke luar Sumbar lo, wktu itu ke Jambi, cabang Murattal Anak2... klw di sekolah, si abg juara 5 besaran dari SD smpe MTsN, nyampe di MAN kyknya dia ngalah deh utk lbih ngurusin org laen biar maju *sosial tinggi, jadi prestasi akademis agk mundur.. But, take it easy laahh, ga usah dipusingin jg laah yaa... J Waktu kecil si abg pernah luka parah pas lebaran haji pula, kepala nya kena lemparan batu, ga jelas juga tuh batu tongkrongan mana... Lgsung nenek nangisn n perbanin dg cepat. Abg juga prnah nelan klereng apa uang koin 25an yak?lupa juga. Sampe akhirnya ibu panik n lgsg periksain ke dokter. Dokter lgsg ngasih obat mempercepat BAB, biar tuw benda yg sgt familiar keluar seiring keluarnya BAB... eeehhh,,prok keprok keprok...keluar lo... Hahaha... lega juga liat benda2 itu keluar. Udah ngelewatin proses otot tenggorokan, lambung, usus sampe kolon. Lha tetap seperti pas benda itu masuk, begitu jg kluarnya... Hahaha,,sulap2an niih.. Tapi miris juga ketika cek fisik BAB, harus dicuil2 gt pake ranting agar nemuin klereng/uang koin itu... Weaakkk,,,:P. Paraahh ni si abg..:D Kalau di sekolahan atw t4 ngaji, si abg ga suka berantem, temenan standar dg org2 yg juga baik hatinya, suka senyum, ga suka berantem n usilin org... justru si abg yg suka diusilin, smpe akhirnya aku yg nolongin si abg, ttap jdi Wonder Women nya, buat ngadapin pra pcundang di skolah yg notabene nya tmen2 or lwan2 ku jga... Haha.. Ketika aku sudah tamat skolah, tugas ini kulimpahkan ke si pur, jdi si pur lbih sgt menjiwai tugas ini, krna jg sbagian hobi kalee... Hahaha...

Nah kalau si pur, mgkin tercipta ada sdkit jelmaan kakek ku, agak berani n keras kepala mirip aku... Hahaha.. Nakal..?? jgn ditanya lgi, lbih nakal dripda aku. Udh nyatetin drinya sebagai anak pling nakal wktu sekolah n ngaji di TPA/TPSA, lawannya banyak, tapi temennya lebih banyak lagi. Sebenarnya dia baik sih, aslkan jgn diganggu n diinjak2 aja harga dirinya. Eiitss,,,tggu dulu, si ipur pinter lho, juara trus dri SD smpe MTsN, klw di MAN kyknya 10 besaran deh.. hehehe.. Dia sring pulang telat dg seragam super kucel, mgkin abis guling2an dmana gt atw abis berantem, mlah prgi brenang yg ga tau dmana lubuk nya*ga ada di peta. Huffhh,, Ibu sllu butuh tenaga ekstra buat nyuci seragam si pur. Pernah juga si pur pulang dri skolah dg mata lebam, hbis dipukulin temannya, tpi temannya ternyata lebih parah lebam nya.. haha... Siku kanan si pur, udh 3x patah lo, wktu d kmpung pas di pohon jambu biji, di koto baru abai pas lgi manjat jg, n 1 lgi kyknya pas bwa mtor ktika udh gede deh...*lupa J.

Hahahaha... Sampe ketawa2 sendri nulis ini.. Ikuti kisah selanjutnya yaah..
Clue : ikut lomba MTQ, The Great Dad n Mom, Periode kedua, Rangkaian arti nama kami ber6, My Love Family, etc....

Yogyakarta, 20 Okt 2011
zhenny
Voting Anda
Rating:9.5
Reviewer: achiyak
Description: Kecil ku begini lho...
ItemReviewed: Kecil ku begini lho...

0 komentar:

komen

AchiyaK ZanJabiL



Mode Hemat Energi,Gerakkan mouse anda untuk kembali ke halaman!