Periode kedua & My Love Fams


oleh Nur Azani pada 28 Oktober 2011 jam 18:03


Jadi seorang sulung n punya 2 adik cow ternyata membuat ku ga feminim... Bisa sih feminim, tapi yaa bgitulah, ga nyaman,.. Itu dulu, skarang nyaman2 aja koq, feminim oke, casual oke, apapun jg oke..hehe..  Saat umur 6 th-an, adek ke3 ku lahir, cew...Hurray, ada saingan..*loh? J Namanya thifa. Lucu, dlu pas lahir, botak, beda sma aku. Aku dulu berambut tebel, item lebat, smpe aku TK, rambut itu udh panjang sepinggang n sllu di kepang “kuda” sm ibu.. Kata ibu sih cantik,,hehe *lha wong anaknya, iyaa lah.. haha. Tapi setelah umur 4bulanan, rambut thifa udh tumbuh, kriwil gt, ga kribo lho.. Thifa itu agak pendiem, ga seheboh aku waktu kecil, mgkin sma kyk namanya jg kalee yak, lembut.. Ga tau deh skarg...haha.. Thifa lahir waktu aku TK di Jihad, sempat nemenin ibu jg semalam di rumah sakit, tapi karena sepi, horor, n memang malam sbelumnya ada yg meninggal dsana, kami ngacir aja pulang, dripda stress bathin.. haha. Thifa pinter jg dri SD, tpi pas udh MTsN n SMA agk mnurun, mgkin krna kurangnya bimbingan ku..haha. Tapi thifa termasuk anak yg telaten n cew bgt. Suka sma pernak pernik cew, suka kegiatan keibuan, penyayang, suka nabung, tulisannya jg bgus*walupun tulisanku lbih bgus sih... J. Ho yaa, hmpir kelupaan, krna ada thifa, si pur pnya pnggilan uda lho... Teteep, qt2 pnya pnggilan rumah..huffh..

1th stelah thifa lahir, dia udh punya adek lagi, dhia namanya, terlahir juga botak...Dhia itu agak ceriaan anaknya, tapi selain ceria justru suka nangis. Kalau udah nangis, bakaln lama mw brentinya. Beda sm thifa *yg akhirnya pnya pnggilan rumah uni*, dhia agak tomboy, suka dg sendal2 cow n baju2 longgar, eeh..skarang mlah jilbabnya pling gede n dalem*akhwat bgt dah. J.  Dhia aka ‘akak’ itu pnya prestasi 10besar d kelas. Di sekolah biasa2 aja, ga suka berantem tapi ga terlalu menonjol jga..

Ga bisa bayangin wktu itu betapa ribet nya ayah n ibu. Terlebih-lebih ibu yg pegang smua urusan, mulai dari masak, nyuci, ngurusin anak, bahkan ke kantor pun.. Huffhh.. Tapi dulu ada yg bantu2 qt, jdi dia brtugas jagain thifa n dhia. Disamping itu, aku jg udh mulai belajar bantu2 ibu, kyk nyuci di sore hari ke pancuran(baca : tempat mandi n nyuci, disana tempat umum, ibuk2 bnyak yg ksana jg bwt mandi n nyuci, air nya dari mata air n mengalir terus menerus tiada henti, disalurkan lewat banyak talang air), bantu jagain thifa/dhia, lipet kain, nyapu rumah, n ‘nyupir’. Itu waktu aku udh SD kelas 3 atw 4 deh. Termasuk nyuci baju seragam sendiri n seragam si abg n si pur.. pas pulang dari pancuran, biasanya udh maghrib, aku lewatin jln tanah yg menanjak, sepi n gelap serta banyak tebing n lahan pekuburan di kiri kanannya *horor dah*, sambil menjunjung/jinjing ember yg berisi cucian bersih yg basah didalamnya.. Kalau rasa takut datang, biasanya aku muter jalannya lewat jalan gede, yg bnyak rumah penduduk n lumayan terang. Biasanya ditemenin si abg/si pur atw ga bareng temen SD ku, tapi itu jarang jg sih.

Amran lahir brikutnya, 2 th stelah dhia. Amran gemuk bgt, muka nya tembem smpe skarang mlah. Klw ga ngambek aja udh tembem, apalagi ngambek..hehe. Amran lahir ketika org sdg sibuk2nya di rumah, karena ‘mamak’ nikah. Tapi baru sekarang aku sadar, klw ibu adalah org yg kuat, mampu beraktivitas dikala sibuk bgtu dg hamil tua nya. Begitu besar rahmat Allah padanya..*huhu. Karena amran si bungsu, akhir2 ini qt panggil aja uncu *si indak ka baradiak lai*haha. Si uncu itu agak cengeng mungkin, tapi disanalh pesonanya. Childish nya ini yg sering mmbuat nya terkadang bingung milih yg mana..haha. *sabar mran, sesuatu itu datang saat qt membutuhkan n pasti indah pd waktunya*. Nahhh,,,yg paling crusial itu, waktu amran kecil, ga ada lgi yg bisa bntu2 ibu bwt jagain amran dirumah. Nenek sibuk keluar jg, abak udh tua n gak mgkin bisa jg telaten... huffh.. Sampe akhirnya kami gantian bwt jagain dia. Senin ayah yg libur kerja, selasa ibu izin d kantor, rabu aku izin di sekolah, kamis si abg yg buat alesan ke sekolahnya dia, jumat kdg2 si pur yg mohon2 ke gurunya bwt libur... Alhamd smuanya berjalan lancar sesuai jdwal smpe kira2 3 mngguan, stelah ada tetangga ku yg luang waktunya n mau jagain amran smpe diantara kami ada yg dluan pulang...:D Untung aja para guru kami mau aja ngijinin, klw ga, adoohh, tuh si amran mw ngapain coba drumah... Hadeeuuhh,,, baby sitter dadakan yg kerja full seharian tapi Cuma dlm 1 mnggu... Hahahaha... *Spesial bgt lah si uncu.... ini adalah yg paling,,,pling..spektakuler menurutku...

Tumbuh kembang mereka bertiga tidak begitu intens aku perhatiin, seiring dg semakin besarnya aku, sekolah MTsN yg jauh dri rumah, pergi pagi n pulang sudah hampir maghrib. Tapi aku tetap tau bgaimana mereka dirumah, sperti kejadian2 lucu mreka, jatoh dri kursi, jatoh dari ayunan, kejepit di mesin jahit ibu, etc... Selain itu, jarak umur kami yg jauh  membentuk pola pikir n attitude beda*gaya.. Tapi setau ku, mreka jg sperti aku, abg n ipur, sllu maen b3, tpi ga bgtu nakal lhaa, toh mreka sudah liat kakak mreka yg gede gmn, pengawasan pun udh smakin bertambah dripda kami b3 dulu. Ayah juga ga bgtu sering ngasih hukuman sm mreka kecuali klw memang ada kesalahan2 tertentu yg mreka buat n pastinya membuat org lain n ayah jengkel. But over all, ga sevariatif kami b3..hahaha. Ayah juga belakangan sibuk dinas keluar, mungkin karena latar belakang ini yg membuat mereka tak bgtu merasakan hal yg kami alami dlu. Tapi setelah kusadari, ternyata reward n punishment itu penting lho dlm tumbuh kembang anak. Qt jadi tau dimana posisi ketika qt benar n salah, bagaimana mengendalikan diri agar tidak dongkol, bersikap ikhlas, menerima hukuman dg lapang dada, menerima hadiah dg gembira yg tak berlebihan, gentle utk mengakui kesalahan, menumbuhkan kesadaran agar tidak mengulangi kesalahan sekurang2nya mengurangi hal buruk, serta yg terpenting adalah mengambil hikmah dari setiap kejadian.. Luar biasa memang proses kehidupan apapun yg qt jalani, punya arti tertentu n layak diambil sisi baiknya untuk diceritain ke anak cucu....hehe.

Ayah sering ngasih hadiah ke kami, seperti membeli angka 9 di raport cawu*dulu msh periode caturwulan* dengan uang 10rbu*waktu itu udh gede lo... Klw angka 8 jrg dibeli karena bnyk bertebaran...haha. Atau ibu beliin buku2 yg lucu n banyak serta alat tulis lainnya. Walaupun cuma itu, hati udh gembira bgt rasanya. Pernah juga kami dibawa makan besar, terserah milih apapun di salah satu restoran besar di kota...*huhu,,,. Tapi buat pergi2 itu, qt ribet bgt dah, ayah gendong amran, ibu bimbing dhia, aku bimbing thifa, n abg/si pur bisa sndri lha.. haha*kyk mw prgi kmna gt loh? Tapi itu sebelum kami pnya mobil, stelah pnya mobil (Kijang Komando), keribetan agak diminimalisir lah. Kalau soal dokumentasi, waahh,,lengakaaaap dah, masing2 qt2 punya album sndiri, apapun kegiatannya. Tapi itu album waktu kecil aja koq, sampe qt SD laah. Ngaji, qt udh bisa ngaji dari sebelum TK, sering lomba MTQ. Ayah nerapin ngaji abis maghrib. Trus makan malam sama2, sholat isya, baru belajar... itu mah ga ush diingetin lagi, udah axioma ny bgtu. Nah ketika qt keluar dari jalur itulah dpt hukuman. Fear to..???/ Dulu waktu aku kecil, ayah sllu telaten ngajarin ngaji, begitu smpe anaknya yg keenam, amran. Klw utk ngafal ayat, pake reward gt.. Klw udah hafal skitar 10 ayat, dikasih seribu rupiah... Dulunya yg paling bnyak hafalannya si pur..*sampe skarang.


Dulu ayah punya kebun di depan rumah, sring ditanami jahe, buncis, n cabe. Pas mw nanam, qt2 ikut bantu, bantu garepin tanah n metak2in lahan. Hal yg paling lucu adalh, qt kyk kerja sm org laen gt. Bwt pupuknya, qt harus jemput ‘dadak’ ke huller dkt rumah. Dadak itu dikarungin n dibawa pake gerobak ke kebun. Nah 1 karung dibeli ayah seharga 500 rupiah..psti semangat duuoonkk.. wuaaa,,keren deh itu. :D  Jadi qt kerja stelah pulang sekolah klw ga ada ngaji atw lg lburan atw sepulang dri ngaji. Kadang2 tmen2 dkat rumah jg ikutan, biar bnyak dpt pupuk nya n cepat terkumpul ke kebun....haha. Temen2 jg psti senang lha, wong dibayar to..?? :D. Nah hasil kebun itu, lumayan bnyak lo, n ayah jual ke penadah pertama biasanya. Jadi mreka aj yg jualan ke pasar. Pernah juga, aku, abg n ipur yg emg lgsg ke lokasi (baca : psar) haha... Waahh,,,qt udh kyk penjual bneran dah, pake karung bwt duduk, setumpuk buncis, kantong plastik, n yg tdk ketinggalan adalah timbangan...haha. Seerruuuwww klw ingat itu. Mungkin waktu itu aku blm ngerti knapa smpe jualan bgtu, bagi ku sih itu main2 n bwt asik2 aja. Tapi aku baru sdar, bhwa saat itu memang keadaan ekonomi lah yg maksa... Yaa biasalah, pasang surut kehidupan... Tapi,,yg penting tetap semangat, rezki udh ada jalannya to..?? Keeepp Spiritt...!!!

Tapi pas panen jahe, harga jahe lgi meroket, jdi ayah dpt untung yg lumayan.. hmm,, alhamdulillaah... Kami jg pnya pohon duren dsebelah rumah, buahnya manis buangeeett, smpe2 jdi incaran pra org2 kampung. Klw lgi berbuah, ayah membuat pondok dkt ke batangnya, sekitaran radius 10 meteran lhaa, bwt tempat duduk santai smbil jgain duren. Kalau malam, kdg ayah atw ibu ke saung aka pondok, itu menjelang jam 10 sih. Klw udah larut, balik lgi kerumah. Paling qt dpt tgs ronda aja stelah itu. Pake shift2an gt..hehe. Misalnya abg smpe jam 11, trus aku yg lanjut dri jam 12an smpe semampunya, abis itu ayah lgi. Karena dulu itu aku suka belajar malam, stelah isya tidur dulu, ntar bangun jam 12.. Mkanya shift qt jdi teratur....*kyk penting bgt niie duren.. Tapi emg enak bgt tuh duren, smpe2 pernah dimaling n maling itu ketangkep jg sm ayah... *sinetron bgt dah... :D
Bersyukur berada di tengah2 mreka, ayah n ibu red. Org2 hebat yg menurutku telah bnyak punya pesan kehidupan buatku n adik2... Alhamdulillah wa Alhamdulillah... Allahummaghfirlii Waliwalidayya Warhamhuma Kama Rabbayaanii Saghiraa.. Ammiin..
Love u so much my fams...

Yogyakarta, Oktober 2001

zhenny
(si penyuka ‘nyanya’ aka pisang,,,:D, yg ga pernah ngerasain proses balita yg namanya merangkak, tapi dari telungkup lgsg duduk n ngesot aka ‘mainsuik’)
Voting Anda
Rating:9.5
Reviewer: achiyak
Description: Periode kedua & My Love Fams
ItemReviewed: Periode kedua & My Love Fams

0 komentar:

komen

AchiyaK ZanJabiL



Mode Hemat Energi,Gerakkan mouse anda untuk kembali ke halaman!